← back to home

Investasi apa saja yang akan dibahas di blog ini?



Photo by Niléane

Dunia investasi sangat luas, sesuatu yang bisa menghasilkan nilai bisa disebut investasi, membeli buku, membacanya, dan pengetahuan yang didapat dari buku tersebut merupakan nilai yang didapat setelah kita berinvestasi membeli buku tersebut, hal lain tentunya investasi yang bertujuan mendapatkan uang sebagai imbal hasil, karena setiap investasi memiliki tingkat risiko dan juga usaha untuk melakukan investasi dan mendapatkan imbal hasil.

Untuk beberapa orang membuka usaha secara fisik menyenangkan, seperti membuka warung kopi, warung indomie, restoran, dan lainnya, ada kenikmatan sendiri dalam menjalankan usaha tersebut (teman saya ada yang menjalankan bisnis sablon, dan sejauh ini dia happy dan bisnisnya jalan), dan ada beberapa orang juga yang tidak begitu paham menjalankan usaha (investasi) secara fisik, hmmm… contohnya saya hehe.., karena keterbatasan waktu (bakat dan dana juga), jadinya memilih untuk berinvestasi di hal lain, kebanyakan berbasis efek.

Investasi berbasis efek ini menurut pendapat saya, lebih cocok buat saya sendiri saat ini, mungkin nanti tidak tertutup buka usaha fisik (mudah-mudahan).

Investasi yang saya maksud di sini antara lain,

Hal di atas, dengan kemajuan teknologi, sekarang lebih mudah diakses oleh kalangan umum, dunia investasi efek tidak lagi hanya untuk kalangan terbatas yang memiliki uang banyak dan hubungan dengan broker, masyarakat umum bisa membeli produk dari instrumen yang ada, investor ritel gampang mengaksesnya, memilih, dan membeli, kemudian melihat bagaimana dana yang mereka investasikan berkembang.

Yang investor ritel perlu siapkan untuk membuka akun investasi “hanya” ektp saja (dan tentunya dana jika mulai terjun), dan jika diperluka oleh broker, ada beberapa dokumen lainnya.

Baca: Mengenal apa itu SID, RDN, SRE, AKSes

Investasi diperlukan untuk melawan salah satu musuh, yakni inflasi, karena ini akan terus ada setiap waktu, gaji yang kita dapatkan dari pekerjaan tidak akan selalu naik, taou inflasi adalah hal yang pasti, tentunya sering mendengar contoh sederhana mengenai harga pisang molen tahun 2000 vs molen tahun ini, nah, sanggupkah pendapatan kita mengikuti itu semua?

Investasi juga diperlukan untuk kehidupan nanti setelah masa produktif kita berakhir, misalkan pensiun, income tidak akan selalu ada, dan tidak mungkin juga kita mengandalkan keluarga untuk mensupport kehidupan finansial kita, di sini investasi berperan, kita bisa menikmati hasil investasi itu nanti.


Tags: blog, investasi