← back to home

Kenapa harus investasi?



Photo by AMIR SAMOH

Hmmm… ini pertanyaan yang juga pernah saya tanyakan juga dulu sekali, kenapa harus investasi? kenapa saya gak bisa menikmati uang yang saya dapatkan dengan susah payah kerja? dengan berinvestasi berarti saya harus merelakan uang saya “hilang”, apalagi belum tau investasi kita akan naik atau malah rugi! udah nanti-nanti aja kalo udah mapan, nanti aja kalo udah punya duit lebih, baru investasi!

Dan banyak lagi argumen-argumen, terutama untuk yang 20 tahunan awal, tahun dimana baru kerja, baru punya uang sendiri, rasanya pengennya nikmatin uang itu, beli-beli barang, jalan-jalan, dan lainnya.

Masa depan

Masa lalu mudah untuk kita untuk dilihat ke belakang, tapi untuk masa depan itu gelap, tidak ada yang tau ke depan akan bagaimana, dan dari premis itulah saya akan coba ambil kenapa penting melakukan investasi.

Karena masa depan tidak ada yang menjamin, dan tidak ada jaminan nanti dimasa tua kita akan hidup berkecukupan atau tidak, apakah nanti akan cukup juga untuk menyekolahkan anak-anak sampe lulus kuliah? belum lagi inflasi yang pastinya akan terus ada, baik inflasi kebutuhan pokok atau inflasi harga sekolah atau pun belanja-belanja lainnya.

oh saya akan nabung untuk kebutuhan itu!

Nabung itu bagus, tapi…. banyak sekali tapinya, imbal hasil yang didapat dari menabung sangatlah kecil jika dibandingkan dengan kebutuhan kita nanti, saat ini tabungan memiliki bunga antara 2-4% dan inflasi akan terus mengejar, dan mungkin bisa lebih dulu daripada kecepatan kita dalam menabung.

Pentingnya Investasi dan hanya menabung tidak cukup

Inflasi yang pertahunnya rata-rata 3-4%, pastinya akan memakan imbal hasil yang didapat dari tabungan kita, itu pun kalo imbal hasil yang didapat bisa sampai 3-4%, dan itu imbal hasil sebelum pajak, jadi bisa berkurang lebih banyak lagi, secara matematika, hanya dengan menabung tidaklah cukup untuk mengalahkan inflasi.

Dan karena inflasi ada di semua sektor, termasuk pendidikan, semisal kita menabung untuk uang kuliah anak 100 juta dengan melihat harga yang sekarang, maka (tergantung waktunya), jika kita lihat lagi 10 tahun nanti, hampir bisa dipastikan tidak akan terus 100 juta.

Dengan investasi diharapkan kita bisa selalu keep up dengan inflasi selalu pasti ada (meski ada deflasi, tapi tetap inflasi akan selalu ada).

Terus gimana?

Tentunya dengan memulai investasi sedini mungkin, jika belum melakukannya sekarang, lakukan sekarang, ada banyak jenis dan produk investasi yang bisa dipilih, tapi di sini, hanya akan ngebahas yang gampang-gampang aja, baik dari sisi akses maupun dari sisi kontribusi investasi yang bisa kita mulai dan terus pupuk, seperti postingan saya sebelumnya.

Artikel selanjutnya kita akan coba bahas bagaimana memulai melakukan investasi dengan produk dan instrumen bisa kita investasikan.


Tags: blog, investasi